Jumat, 12 Oktober 2018

Tumbuhan belimbing wuluh, cegah lonjakan gula darah penderita diabetes.



     Belimbing wuluh atau juga belimbing sayur (averrhoa bilimbi) adalah sejenis pohon kecil yang buahnya memiliki rasa asam diperkirakan berasal dari Maluku. Pohon ini dikembangbiakan dan tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Malaysia, Myanmar, Srilanka. Banyak manfaat yang di dapat dari tumbuhan tersebut. Tidak hanya buahnya saja, daun belimbing wuluh juga sangat bermanfaat. Nutrisi yang terdapat pada tumbuhan ini sangat dibutuhkan tubuh seperti energi, protein, lemak, karbohidrat. Bahkan terdapat beberapa vitamin yaitu vit A, B, dan C.
    Salah satu manfaat dari tumbuhan belimbing wuluh adalah untuk penyakit diabetes. Memang penyakit ini tidak akan bisa disembuhkan. Namun setidaknya penderita diabetes bisa mencegah komplikasi dan tidak mudah terkena lonjakan gula darah yang berbahaya. 
Penyakit diabetes yang lebih dikenal penyakit gula disebabkan oleh kelainan reaksi kimia dalam penggunaan  karbohidrat, lemak dan protein dari makanan  karena kekurangan insulin.
Ada beberapa faktor penyebab diabetes :
1. Faktor ginetik
2. Gaya hidup tidak sehat
3. Tingginya kadar kolesterol
4. Banyak konsumsi soda
Wikipedia
  Maka untuk mencegah komplikasi, baiknya mencoba mengkonsumsi belimbing wuluh. Caranya dengan rutin meminum air seduhan daun ataupun buahnya setiap 2 kali sehari. Di minum pagi dan malam hari. Jika ingin lebih mudah, buah belimbing wuluh bisa juga dimakan langsung. Jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya, akan dapat menyebabkan gangguan pada lambung.
Berikut salah satu cara mengolah belimbing wuluh yang sederhana bagi penderita diabetes : 

  1. Siapkan 6 buah belimbing wuluh yang tua
  2. Cuci bersih
  3. Lumatkan buah hingga halus
  4. Rebus dengan air segelas hingga menjadi setengah gelas
  5. Angkat dan didinginkan , lalu saring
  6. Segera diminum


Semoga tulisan ini bermanfaat..
Salam sehat.







29 komentar:

  1. nice share mba.. ternyata tanaman ini banyak banget manfaatnya ^^

    salam dari Bengkulu ^^
    https://www.ngerayau.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb, makasih.
      Ini salah satunya untuk penderita diabetes.

      Hapus
  2. Wah saya baru tau, sayang banget, padahal dulu ada di samping rumah, banyak buahnya, terbuang-buang gitu saja.
    http://www.bombonasam.club
    http://www.borneoinlove.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh sayang sekali mb,besok kalau punya lagi ..di manfaatkan mb..bisa buat masakan juga loh.

      Hapus
  3. Waaah, baru tau ternyata belimbing wuluh banyak manfaatnya. Nice info.

    BalasHapus
  4. emang si asem ini banyak manfaat tapi nggak banyak orang tau, terimakasih infonya semoga semakin banyak yang tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb..banyak yg tahu hanya untuk bahan masakan.
      Sama2 yaa sudah BW di blog saya.

      Hapus
  5. Bisa ya pakai belimbing wuluh untuk diabetes? Saya baru tau. Nenek sama om aku meninggal karena penyakit ini. Wah kudu di bookmark nih, untuk jaga agar tak terserang lagi penyakit ini di keluarga. Makasih ya mba sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mb..tpi hanya untuk menkontrol gula darah agar tidak naik dan tidak menyebabkan komplikasi.
      Sama2 mb..terimakasih juga.

      Hapus
  6. Makasih tipsnya, baru tahu saiah ternyata belimbing wuluh manfaatnya banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mb..iya mb sangat bermanfaat.
      Makasih ya mb sudag mampir.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Waaah... ternyata tanaman yang ada disekitarku punya banyak manfaat. Trims infonya.

    -GrisSee.com-

    BalasHapus
  9. Kebetulan ayah saya diabetes. Bisa nih coba ramuan baru. Makasih sharingnya mbak😘

    -Mak Belalang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan..
      Semoga kadar gula beliau stabil terus yaa.
      Terimakasih

      Hapus
  10. Wah, ternyata si asam hijauini bisa untuk mengobati diabetes. nice info,Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mb..mencegah lonjakan gula darahnya agar tidak naik.
      Thanks mb

      Hapus
  11. jaman di rumah semarang dulu, ada pohon belimbing wuluh, tapii sering gak kepakenya, banyak yang jatuh-jatuh gitu ajaa, paling kepake dikit-dikit ajaaa buat masak. ternyata manfaatnya banyak ya mb Nur

    www.innaistantina.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qiqiiq..sayang ya mb..
      Kalau lagi panen, wah gemlantungan ..rasanya mau aku cokot ...tak relaaa jatuh . Eman-eman.

      Makasih sudah BW mb Inna

      Hapus
  12. Saya paling suka makan belimbing wuluh duluuu zaman anak-anak, hobi makan sampai sakit perut tapi ternayta manfaatnya luar biasa yah...

    BalasHapus
  13. Makasih mbak infonya keren banget

    BalasHapus
  14. belimbing wuluh obat ngantuk saat berkendara juga mbaa, kalo makan ini mata langsung plassh,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha betul mb..kecutnya ga ilang buat melek ya

      Hapus
  15. Lihat belimbing wuluh jadi inget sambal belimbing wuluh..ternyata manfaatnya banyak sekali, ya selain enak dibuat campuran ikan asap disantan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh mb Muyass..malah jadi kepikiran lapaerr nih.wkwkwk..
      Sambal menggoda ..pedes-pedes kecut

      Hapus