Rabu, 17 Oktober 2018

Pesona Alun-alun Selatan di pagi hari, tak kalah menggoda dengan malam hari

Beringin kembar
     Bagi kamu yang suka traveling ke Yogyakarta, pasti tak asing lagi dengan Alun-alun Selatan kan?Yang  lebih dikenal dengan Alun-alun Kidul (Alkid). Lahan luas yang berada di belakang atau sebelah selatan Keraton Yogyakarta ini dulunya merupakan sasana latihan ketangkasan untuk para prajurit keraton. 

Suasana pagi hari 
      Saat ini Alun-alun Kidul  menjadi sebuah daya tarik  bagi masyarakat. Berbagai macam kegiatan dapat dijumpai di tempat ini. Pagi hingga malam hari, Alkid menjelma menjadi sebuah tempat yang sayang untuk dilewati. Alun-alun Kidul di pagi hari tidak kalah menggoda dengan malam hari. Khususnya di Minggu pagi dipakai untuk lapangan jogging. Banyak orang berdatangan ke tempat ini.


Jogging bareng
     Menurut sejarah bagian belakang keraton ini menjadi seperti bagian depan karena  Keraton Yogyakarta, dan laut Selatan Pulau Jawa jika ditarik dalam satu garis akan membentuk satu garis lurus. Nah agar posisi Keraton Yogyakarta tidak seperti membelakangi laut Selatan, maka dibangunlah Alun-alun Selatan. Di tempat ini terdapat 2 pohon beringin kembar untuk laku Masangin. Tradisi yang masih dilakukan sampai sekarang, konon dahulu jika dapat melintasi pohon beringin kembar dengan mata tertutup maka dapat menolak bala.

     Pastinya seru ya kalau bisa jogging bareng teman. Oh ya ada juga kegiatan senam sehat diringi dengan musik yang asyik. Tak jarang, ada pula senam relaksasi untuk bapak – ibu atau orang tua usia lanjut. Bisa terlihat para ibu-ibu mengasuh anaknya  yang masih kecil. Anak-anak kecil berlarian kesana kesini. 
Pedagang mainan 
      Eitssss ternyata di hari biasa ada orang jogging juga loh. Anak-anak sekolahpun menggunakan tempat tersebut untuk tempat berolahraga. Mereka  bisa bebas leluasa menggerakan tubuh mereka.


Putar-putar cari sarapan
     Suasana Alun-alun Kidul kian hari bertambah ramai. Cocok  bagi yang ingin mencari tempat tongkrongan  bersama teman-teman sambil sarapan pagi. Melepas sejenak rutinitas pagi dengan ngobrol asyik tentang kehidupan. 
Nongkrong sambil sarapan di tenda biru😎
     Tidak hanya itu, bahkan sekarang bisa kita jumpai banyak pedagang mulai menjajakan dagangannya seperti makanan, minuman juga mainan anak-anak. Para pedagang kaki lima yang sudah siap membuka lapaknya. Ada lontong opor, nasi kuning, nasi pecel, nasi gudeg, bubur ayam, nasi brongkos. Tinggal pilih apa yang ingin dimakan. Memang asyik nongkrong cantik disini. 
Mak-mak kumpul berburu sarapan


20 komentar:

  1. Wahhh... cocok sekali buat kumpul keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa cocok sekali..mau jogging atau menikmati sarapan bareng keluarga.

      Hapus
  2. Aku baru satu kali ke Yogya cuma numpang tidur aja alias gak kemana-mana, belum pernah ke alun-alun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mb ..besok kalau ke Yogya..di sempatkan ke Alun-alun Selatan..

      Hapus
  3. Jadi kepingin ke alun-alun. Udah beberapa kali ke Jogja tapi belum pernah nongkrong di alun-alun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..sayang loh mb..lain waktu mampirlah ke Alun-alun Sel Yogya..

      Hapus
  4. Semoga bisa ke sini. Thanks mba infonya.

    BalasHapus
  5. Jadi pengen ke jogja lagi, kmrn ke jogja cuma lewat doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada waktu silahkan mb..
      Sayang kalau hanya lewat saja.

      Hapus
  6. baru sekali ke jogja, tapi masih plonga-plongo aja, belum bisa menikmati setiap tempat wisata, berharap bisa ke sana lagi ^^


    https://www.ngerayau.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin..semoga bisa ke Yogya lagi mb

      Hapus
  7. Tempat yang menarik buat kumpul keluarga. Sayang, tempat tinggalku nggak di jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pas ke Yogya yuk mb mampirlah ke alun-alun

      Hapus
  8. Jadi inget, dulu pernah nyoba jalan dengan mata ditutup lewat dua bringin itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulit loh mb lewatin beringin itu..saya blm bisa

      Hapus
  9. Emang keren, tapi kapan ya bisa ke sana lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh di agendakan mb..
      Traveling ke Yogya lagi.

      Hapus
  10. Ingin kembali pulang. ..
    Yogya penuh kenangan...

    BalasHapus
  11. Pernah lihat pohon beringin itu di acara tv entah apa pokoke ada Soimahnya

    BalasHapus