Rabu, 24 Oktober 2018

Yuk pahami 5 generasi setelah Pre Baby Boom, kamu termasuk yang mana?

ru.depositphotos.com
     Arti generasi menurut KBBI adalah sekalian orang yang kira-kira sama waktu hidupnya, seangkatan, turunan.  Dalam masa 100 tahun ini terdapat 5 generasi yang diketahui. Setiap generasi menggambarkan  keadaan dimana setiap individu mempunyai pengalaman hidup yang dilalui.
  Teori generasi Strauss dan Howe ditemukan oleh penulis William Strauss dan Neil Howe yang menggambarkan sebuah siklus generasi berulang dalam sejarah Amerika. Strauss dan Howe meletakkan dasar teori mereka dalam buku Generation, yang diterbitkan di tahun 1991 (wikipedia). Mereka membagi generasi berdasarkan kondisi jaman.
      Menurut teori generasi ada 5 generasi yang lahir setelah perang dunia ke-2 yaitu generasi baby boomer, X, Y, Z dan Alpha. Setiap generasi memiliki perbedaan dalam pola pikir dan perilaku yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi serta pengaruh lingkungan. Di dalam tulisan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang generasi tersebut berdasarkan dari beberapa sumber yang telah diolah kembali. Cekidott๐Ÿ‘ฉ‍๐Ÿซ

1. Generasi Baby Boomers (1946-1964)
Pexels.com
     Generasi Baby Boomers dilatarbelakangi oleh tingkat kelahiran yang tinggi maka pada saat ini  banyak bayi-bayi lahir. Karena lonjakan bayi yang begitu tinggi maka generasi ini disebut generasi Baby Boomers. Orang-orang tidak takut mempunyai anak dan merasa optimis dalam kehidupan. Generasi ini dikenal juga sebagai generasi pekerja keras, hidup mandiri. Mereka tidak tergantung dengan orang lain. Dalam segi pekerjaan, mereka lebih fokus dan mementingkan kebersamaan tim. Media tv dan radio yang diminati pada masa ini. 

2.  Generasi X ( 1965-1976)
qerja.com
     Dalam masa ini tingkat kelahiran sudah berangsur turun. Generasi X dipandang cerdas dan kreatif juga dikenal sebagai pemecah masalah. Orang-orang generasi ini dapat mengatur segala pekerjaan. Mesin ketik adalah media yang sudah ada di masa ini. Komputer, video game, tv kabel mulai dikembangkan, namun merasakan abad kegelapan karena akses internet masih lambat. Generasi X lebih apatis tidak peduli dengan lingkungan sekelilingnya serta memiliki tingkat skeptis yang tinggi.

3. Generasi Y (1977-1997)
Pexels.com 

   Generasi yang juga dikenal dengan generasi Millenial ini merupakan generasi digital. Teknologi komunikasi tengah gencar dikembangkan pada masa ini. Ponsel sudah ada tetapi hanya untuk sms, email, pesan instant. Sistem internet dan ponsel belum terintegrasi. Perlahan lahan koneksi internet mulai membaik dan mudah di akses. Generasi ini menjadi kecanduan internet. Ketika generasi Y menginjak remaja media sosial seperti facebook, games online, twitter mulai populer. Orang-orang generasi ini mempunyai rasa percaya diri, optimis dan menyukai tantangan. Mereka tidak lagi skeptis dan tidak kaku lagi. Generasi Millenial mudah menerima hal-hal baru.



4. Generasi Z (1998-2010)
Image via ‘Screenagers’ (2016) film by Delany Ruster: filmmaker, physician & mom
(sumber foto: medium.com)

     Selanjutnya adalah generasi Z yang juga disebut IGen ini adalah pencetus dunia baru. Teknologi semakin maju dan berkembang. Kemudahan akses transportasi dan teknologi membuat mereka menyukai hal-hal yang serba instant. Mereka mampu  mengaplikasikan kesempatan dalam suatu waktu / multitasking. Misalnya: mendengarkan musik dengan headset, menggunakan ponsel untuk browsing, membaca sambil mendengarkan musik. Apapun yang dilakukan berhubungan dengan dunia maya karena internet pada saat ini sudah lancar dan mudah di akses. Generasi Net ini sangat diuntungkan dengan adanya kemajuan internet yang cepat dan murah. Sebutan lain yang sering didengar di Indonesia adalah kids zaman now. Mereka ini lebih percaya diri, menyukai kebebasan dan  bersikap kritis. Gen Z toleran terhadap perbedaan budaya dan sangat peduli dengan lingkungan sekitar.

5. Generasi Alpha (2011-2025)

     Bagi generasi Alpha atau generasi A gadget sudah menjadi bagian dari hidup. Generasi ini generasi terdidik yang paling terpelajar dalam sejarah generasi manusia. Mereka dapat mengoperasikan gadget begitu saja. Teknologi yang semakin canggih membuat mereka mengetahui dunia dengan jejaringan sosial. Generasi ini bersikap dominan dan suka mengatur, mereka terlihat enggan berbagi. Bagi mereka kepemilikan pribadi yang dipentingkan. Generasi A penuh kemewahan material dikarenakan teknologi semakin maju sehingga generasi ini semangat sosialnya kurang.

Nah , kira-kira kamu masuk di generasi apa nih dears? Secara saya lahir tahun 80an, saya masuk ke generasi Millenial.
Belum tua-tua amat kan (๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„)












25 komentar:

  1. aku termasuk Generasi X nih... termasuk tua atau gak ya?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Wow...mesti millenial angkatan 90an ya mb?

      Hapus
  3. hmmmm... baru tahu saya tentang baby boomer hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Generasi kakek dan Nenek kita..ya mb

      Hapus
  4. Wihh saya anak millenial...
    Mandiri, optimis, suka tantangan ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  5. Saya generasi baby boomers alas lahir jaman sebelum Masehi. Jangan sebut tahunnya plis....horor banget....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qiqqi..tapi semangat masih muda ya mb..

      Hapus
  6. Sama dong generasi milenial๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  7. Saya dan suami generasi milenial, anak pertama generasi Z kids zaman now, and than my son generasi alpha,, ada tiga generasi dalam keluargaku...he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya ada 4 generasi mb๐Ÿ™Š

      Hapus
  8. Aku generasi milenial deh kayaknya hihihi... Anak2ku meskipun kelak jadi generasi Alpha,semoga tetap istiqomah dan tetap mampu bersosialisasi dengan baik ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb...Aamiin..
      Sama dengan anakku yang ke2..

      Hapus
  9. Saya generasi milenial. Masih lumayan unyu haha

    -Mak belalang

    BalasHapus
  10. Saya termasuk generasi milenial ๐Ÿ˜ƒ

    BalasHapus